Liza, Rifdatus Salma (2025) Pemberdayaan Difabel Tunanetra Dalam Pemanfaatan Instagram @Sahabat_Mata Sebagai Media Dakwah Digital. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421116_Cover, Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
3421116_Ful Text.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
3421116_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salma. Liza Rifdatus. NIM 3421116. Pemberdayaan Difabel Tunanetra Dalam Pemanfaatan Instagram @Sahabat_Mata Sebagai Media Dakwah Digital. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2025. Kata kunci: Dakwah Digital, Instagram, Pemberdayaan, Difabel Tunanetra, Media Sosial, Teori Pemberdayaan 5P Di era digital, media sosial menjadi platform penting untuk menyebarkan pesan dakwah sekaligus memberdayakan kelompok marginal, termasuk difabel. Namun, pemberdayaan akses dan konten difabel masih terbatas. Instagram @sahabat_mata hadir sebagai upaya menjembatani gangguan tersebut dengan menampilkan aktivitas dan potensi difabel tunanetra secara nyata. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana konsep pemberdayaan difabel tunanetra dalam pemanfaatan Instagram @sahabat_mata sebagai media dakwah digital, dan (2) bagaimana implementasi pemberdayaan difabel tunanetra dalam pemanfaatan Instagram @sahabat_mata sebagai media dakwah digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep dan implementasi pemberdayaan difabel tunanetra dalam pemanfaatan Instagram @sahabat_mata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi konten Instagram, dan dokumentasi. Data sekunder dikumpulkan dari studi literatur yang relevan. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Kerangka teori yang digunakan adalah Teori Pemberdayaan 5P dari Edi Suharto, mencakup pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh yayasan sahabat mata mampu menjadikan difabel tunanetra yang mandiri, setara, percaya diri bahkan meningkatkan potensi dalam dirinya. Implementasi ada pada konten instagram @sahabat_mata yang menampilkan difabel tunanetra sebagai penyiar radio, pengajar Quran Braille bahkan pelatih komputer bicara. Instagram @sahabat_mata bukan sekadar dokumentasi, melainkan sarana strategis untuk menyebarkan dimensi pemberdayaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Dakwah Digital, Instagram, Pemberdayaan, Difabel Tunanetra, Media Sosial, Teori Pemberdayaan 5P | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:50 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:50 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
