Utami, Sri (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Peran guru Pendidikan Agama Islam PAI dalam penanaman nilai kejujuran siswa masih ada yang perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari adanya siswa yang belum menanamkan nilai kejujuran seperti: tidak menghormati guru, tidak mempunyai sopan santun terhadap orang yang lebih tua, cara pergaul kurang baik dan cara berpakian anak yang masih kurang sopan serta cara makan atau minum anak yang terkadang masih berdiri dan menggunakan tangan kiri. Dari keseluruhan itu mencermin bahwa siswa belum bisa menanamkan nilai keagamaan pada dirinya sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam penanaman nilai kejujuran siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Pekalongan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai kejujuran siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru PAI dalam penanaman nilai kejujuran siswa kelas VII SMP Negeri 11 Pekalongan dilakukan dengan memberikan proses pemahaman terhadap kejujuran itu sendiri, menyediakan sarana yang dapat merangsang tumbuhnya sikap jujur, memberikan keteladanan, memberi motivasi kepada siswa agar selalu bersikap jujur, reward (hadiah) saat siswa berbuat jujur, mengukur tingkat keberhasilan dalam penanaman nilai kejujuran. Faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam penanaman nilai kejujuran siswa kelas VII SMP Negeri 11 Pekalongan ialah siswa, guru yang berkompenten, sistem sekolah , teman sebaya, faktor kelurga, fasilitas sedangkan untuk faktor penghambatnya ialah siswa, peran orang tua serta pergaulan teman
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Nilai Kejujuran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 07:07 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2021 07:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1671 |
Actions (login required)
View Item |