Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan

Samarra, Siti Nur Luluk (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penggunaan jigsaw, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok asal dan kelompok ahli yang setiap anggota kelompok asal mempunyai tugas memperdalam materi di kelompok ahli sehingga para anggota kelompok dapat termotivasi untuk memperoleh penghargaan dari guru dan mendapatkan hasil pembelajaran maksimal sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI IPS di SMAN 2 Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI IPS di SMAN 2 Pekalongan. (2) Untuk menjelaskan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan. (3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, variabel dependennya adalah Motivasi Belajar Siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI dan Budi kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup efektif (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi kelas XI-IPS di SMAN 2 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 40,5% antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI-IPS di SMAN 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:05
Last Modified: 29 Jun 2021 07:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item