Dewi, Diah Nofita (2025) Pengembangan Media Interaktif : Puzzle Game Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Al-Qur’an di International Muhammadiyah Boarding School Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
Cover_Bab I dan Bab V,.pdf Download (963kB) |
|
|
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Al-Qur’an tidak hanya berfungsi sebagai pedoman spiritual, tetapi juga sebagai dasar pendidikan dan sumber ilmu pengetahuan yang menuntun manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam konteks pendidikan, Al-Qur’an memiliki peran penting dalam membentuk karakter, akhlak, dan kepribadian peserta didik. Namun, proses pembelajaran Al-Qur’an di International Muhammadiyah Boarding School Pekajangan Pekalongan masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru, sehingga kurang menarik serta belum mampu mengoptimalkan partisipasi aktif siswa. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang kreatif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa Puzzle Game berbasis Augmented Reality dengan fokus penelitian meliputi proses pengembangan media, uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon peserta didik terhadap penggunaannya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media dikembangkan menggunakan aplikasi Assemblr Studio yang memungkinkan integrasi teks, gambar, dan objek tiga dimensi sehingga materi Al-Qur’an dapat dipelajari secara menarik dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media interaktif Puzzle Game berbasis Augmented Reality telah berhasil dilakukan menggunakan aplikasi Assemblr Studio, menghasilkan produk yang menarik, interaktif, dan mudah digunakan. Selain itu, media yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 100% dan ahli media sebesar 92% dalam kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan juga menunjukkan bahwa media ini meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi Al-Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Augmented Reality, Puzzle Game, Al-Qur’an | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 08:18 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 08:18 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
