Pelaksanaan Bimbingan Qur’ani Untuk Membentuk Motivasi Beribadah Santri Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Surodadi Gringsing Batang

Muawanah, Siti (2025) Pelaksanaan Bimbingan Qur’ani Untuk Membentuk Motivasi Beribadah Santri Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Surodadi Gringsing Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521084_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521084_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
3521084_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya motivasi beribadah di kalangan remaja, termasuk di lingkungan pesantren, yang disebabkan oleh rutinitas, kejenuhan, serta lemahnya kesadaran spiritual. Pondok Pesantren An-Nur Surodadi Gringsing Batang sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membina dan mengembangkan potensi spiritual santri, khususnya para penghafal Al-Qur’an, melalui pendekatan bimbingan Qur’ani. Bimbingan Qur’ani dipandang sebagai metode pembinaan yang berorientasi pada nilai-nilai Al-Qur’an, meliputi proses tilawah (membaca), tazkiyah (penyucian jiwa), dan ta’limah (pengajaran nilai-nilai Qur’ani). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan Qur’ani di Pondok Pesantren An-Nur Surodadi serta menganalisis peranannya dalam membentuk motivasi beribadah santri penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap pengasuh pondok, pembimbing, serta beberapa santri penghafal Al-Qur’an. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagaimana dikemukakan Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan metode untuk memastikan validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Surodadi sebelum mengikuti bimbingan Qur’ani masih rendah terbukti dengan banyak santri penghafal Al-Qur’an yang masih 1 menunda-nunda sholat lima waktu. Dan Pelaksanaan bimbingan Qur’ani untuk membentuk motivasi beribadah santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Surodadi dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap tilawah, tazkiyah, dan ta’limah yang dilaksanakan satu minggu sekali dengan cara individual, berjalan selaras dalam membentuk kesadaran spiritual dan semangat ibadah santri. Lingkungan pesantren yang religius dan disiplin turut berperan besar dalam meningkatkan motivasi beribadah baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Santri menunjukkan perubahan positif dalam hal keistiqamahan, keikhlasan, dan kedisiplinan dalam melaksanakan ibadah. Bimbingan Qur’ani tidak hanya menumbuhkan semangat ibadah, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian santri yang berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFasya, Adib Aunillah199201212022031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Qur’ani, Motivasi Beribadah, Santri Penghafal Al-Qur’an.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 100 Philosophy and Psychology (Filsafat dan Psikologi) > 100 Philosophy/Filsafat, Filosofi
100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 150 Psychology/Psikologi, Ilmu Jiwa
100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 19 Nov 2025 01:33
Last Modified: 19 Nov 2025 01:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item