Anam, Misbakhul (2025) Implementasi kitab amsilati dalam peningkatan pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Bani Fuad Syihabuddin Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2118352_COVER-BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2118352_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh Pentingnya pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren sebagai salah satu ciri khas pendidikan islam tradsional. Namun, banyak santri mengalami kesulitan dalam membaca Kitab Kuning karena keterbaasan ilmu alat seperti Nahwu dan Sharaf. Kitab Amtsiatii hadir sebagai solusi praktis untuk mempermudah santri dalam memahami teks Arab gundul dengan pendekatan yang sistemais, bertahap dan mudah dipahami. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana implementasi Kitab Amtsilati dalam peningkatan pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Bani Fuad Syihabuddin? (2). Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi Kitab Amtsilati di Pondok Pesantren Bani Fuad Syihabuddin ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kitab Amsilati di Pondok Pesantren Bani Fuad Syihabuddin Pemalang, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode peneitian yang digunakan adalah deskriptif kualiatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kitab Amsilati di Pondok Pesantren Bani Fuad Syihabuddin dapat meningkatkan kemampuan santri dalam memahami Kitab Kuning secara praktis, mesikpun masih diperlukan strategi manajemen pembeajaran yang lebih optimal lagi, terutama dalam pengaturan waktu belajar, dan penguatan pendampingan hafalan. faktor Pendukung dalam pembelajaran Amsilati di Pondok Pesantren Bani Fuad Syihabuddin yaitu adanya guru yang kompeten dalam mengajarkan materi amsilati, fasilitas belajar yang memadai dengan tersedianya kitab amsilati yang cukup, pembelajaran yang aktif serta cara penyampaian materi yang mudah dipahami, adapun faktor penghambatnya yaitu kemampuan santri yang berbeda dalam memahami materi amsilati,santri yang tidak fokus ketika pembelajaran dan faktor dari lingkungan juga ikut mempengaruhi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pondok pesantren, kitab kuning, kitab amtsilati | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:17 | ||||||||
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:20 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
