Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMA N 1 Petarukan Kabupaten Pemalang

Khamdi, Fuad Jauhari (2020) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMA N 1 Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Komunikasi merupakan tiang utama dalam proses pembelajaran, komunikasi sebagai bahan penyalur pengetahuan tidak dapat dipisahkan dalam lingkup pendidikan karena tanpa komunikasi tidak akan tau apa yang diinginkan oleh gurunya. Dengan komunikasi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam pentingnya menuntut ilmu serta dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dalam belajar. Jika kompetensi sosial guru telah berjalan dengan baik disekolah maka motivasi belajar siswa juga akan baik dan siswa akan mengikuti pelajaran dengan sebagaimana mestinya, dan begitu pula sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Petarukan. (2) Berapa besar pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Petarukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuan ada tidaknya pengaruh serta mengetahui besarnya pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Petarukan. Adapun kegunaan penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kompetensi guru, guru PAI khususnya di SMA Negeri 1 Petarukan, dalam menghadapi peserta didiknya, dapat meningkatkan proses pembelajaran guna memicu motivasi belajar siswa dengan kompetensi sosial yang mantap dan berwibawa sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa dalam uji regresi linear sederhana yang dilakukan peneliti antara variabel X kompetensi sosial guru PAI dan variabel Y motivasi belajar PAI siswa tedapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun besar pengaruh antara kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa adalah sebesar 30,9, yang diperoleh dari uji koefisien determinasi atau R-Square dengan hasil 0,309.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru PAI, Motivasi Belajar PAI Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 29 Jun 2021 08:58
Last Modified: 29 Jun 2021 08:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item