Pengaruh Waktu Pengiriman, Harga, Complain Customer Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Tracking System Sebagai Variabel Intervening Dunia Paket (Studi Kasus Pada Ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan)

Rizal, Muhammad (2023) Pengaruh Waktu Pengiriman, Harga, Complain Customer Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Tracking System Sebagai Variabel Intervening Dunia Paket (Studi Kasus Pada Ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119029_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119029_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4119029_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era modern dan berteknologi maju ini, jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang suka berbelanja online. Dalam perkembangannya, jasa ekspedisi pengiriman barang tidak hanya menggunakan transportasi darat, tetapi juga laut dan udara. Dalam perkembangannya, jasa ekpedisi tidak lepas dari permasalahan. Permasalahan yang terjadi pada Dunia Paket adalah mengenai proses pengiriman. Selain itu, kesalahan dalam proses tracking paket yang mengakibatkan pihak ekspedisi sering mendapatkan complain customer. Permasalahan complain customer tersebut menjadi bahan penelitian yang diangkat oleh peneliti. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif field research, sumber data penelitian ini merujuk pada data primer yang berasal dari pelanggan Dunia Paket dengan mendatangi langsung di kantor Dunia Paket. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan 88 responden. Dengan metode analisis data menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji inner model, uji outer model, uji hipotesis, dengan bantuan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel waktu pengiriman tidak berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel -0,013, t-statistic 0,320, dan p-value 0,750. Pada variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel 0,117, t-statistic 1,810, dan p-value 0,740. Pada variabel complain customer tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel 0,075, t-statistic 1,412, dan p-value 0,162.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAji, GunawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Waktu Pengiriman, Harga, Complain Customer, Kepuasan Pelanggan, Tracking System
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:16
Last Modified: 27 Nov 2025 02:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item View Item