Hanifah, Shofiatun (2021) Pengaruh Kepercayaan dan Komunikasi pada Loyalitas Nasabah dalam Menabung melalui Komitmen sebagai Variabel Intervening (Studi pada KSPPS BMT An-Najah KP Kajen). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4217030_Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
4217030_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
4217030_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Strategi bisnis yang dikenal untuk menciptakan customer loyalty adalah relationship marketing melewati relationship quality. Dalam hal mempertahankan nasabah, perusahaan harus bisa menjaga kualitas relasi yang sudah dimiliki dengan baik kepada para nasabahnya. Dalam hal ini, para nasabah diajak berkomunikasi dua arah agar relasi yang dibangun menjadi semakin dekat. Akibatnya, rasa puas dan percaya bisa tumbuh bahkan sebuah ikatan sosial dapat tercipta yang kemudian terbentuklah sebuah komitmen antara nasabah dan perusahaan. Tujuan dari adanya riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan komunikasi pada loyalitas nasabah dalam menabung melewati komitmen sebagai variabel intervening di KSPPS BMT An-Najah KP Kajen. Riset ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota tabungan KSPPS BMT An-Najah Kajen. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dengan teknik accidental sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan IBM SPSS Statictic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh pada komitmen dengan nilai signifikansi 0,169, komunikasi berpengaruh pada komitmen nasabah sebesar 0,012, kepercayaan tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas nasabah dengan nilai sebesar 0,425, komunikasi berpengaruh pada loyalitas nasabah dalam menabung dengan nilai signifikansi 0,006, komitmen berpengaruh pada loyalitas nasabah sebesar 0,000, serta komitmen sebagai variabel intervening dapat memediasi pengaruh kepercayaan dan komunikasi pada loyalitas nasabah dalam menabung di KSPPS BMT An-Najah KP Kajen.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Komunikasi, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 03:39 | ||||||||
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
