Pengaruh Pemasaran Relasional, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPPS BMT Bahtera Pekalongan

Diba, Riris Farah (2021) Pengaruh Pemasaran Relasional, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4217007_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4217007_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4217007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan anggota adalah pemasaran relasional, tanggung jawab sosial perusahaan dan kualitas pelayanan. Pemasaran relasional merupakan usaha meningkatkan hubungan yang bernilai tinggi dengan pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan yaitu program perusahaan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawab sosial. Kemudian, kualitas pelayanan adalah tingkat layanan yang kaitannya dengan harapan dan kebutuhan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional, tanggung jawab sosial perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan populasi yang diambil yaitu anggota pada KSPPS BMT Bahtera Pekalongan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Jumlah sampel digunakan yaitu 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran relasional tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi 0,378 > 0,05. Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh tehadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, nilai pada Adjusted R Square hasil uji R2 dari variabel independen X1, X2, dan X3 sebesar 54,9% sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Relasional, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:25
Last Modified: 27 Nov 2025 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item