Pengaruh Kualitas Layanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan di BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang

Maula, Vinna Hidayatul (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan di BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116210_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013116210_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2013116210_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebuah pelayanan publik yang dijalankan oleh pemerintah sebagai wujud pertanggung jawaban dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya adalah memberikan pelayanan kesehatan yaitu dalam bentuk program jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan). BPJS Kesehatan diharuskan untuk dapat memberikan pelayanan yang proses pelaksanaannya tidak memakan waktu yang lama serta berjalan dengan efisien, khususnya proses layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan publik terhadap kepuasan pelanggan di BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dari jumlah populasi yang tidak terbatas maka di ambil sebagai sampel adalah 100 responden dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistic 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Keandalan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Ketanggapan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Jaminan dan kepastian (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kepedulian (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 28 Nov 2025 06:59
Last Modified: 28 Nov 2025 06:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16844

Actions (login required)

View Item View Item