Analisis Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Kaki Lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang

Annisa, Zulfa Nur (2023) Analisis Penerapan Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Kaki Lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang. Diploma thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119027_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4119027_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4119027_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Perilaku dalam berdagang selalu terkait dengan nilai akhlak atau nilai etika bisnis. Akan tetapi sebagian pedagang kaki lima kurang memerhatikan etika bisnis Islam dan lalai terhadap kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Etika bisnis harus dipahami dengan benar sehingga dapat mencerminkan perilaku berdagang yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Etika dalam berbisnis harus mendapat perhatian secara mendalam, karena Rasulullah SAW sudah mencontohkan cara bermuamalah. Namun yang terjadi di Desa Banjardawa khususnya pedagang kaki lima tidak seperti itu, pedagang kaki lima masih melakukan transaksi jual beli saat adzan berkumandang. Rasulullah sudah mencontohkan untuk meninggalkan seluruh aktivitas dan menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman etika bisnis Islam pada perilaku pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang dan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam pada perilaku pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode untuk teknik keabsahan data. Data yang terkumpul diolah dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang telah memahami etika bisnis Islam secara teori maupun konseptual dan para pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang telah menerapkan kelima prinsip etika bisnis Islam seperti prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawati, FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pedagang Kaki Lima
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 28 Nov 2025 08:03
Last Modified: 28 Nov 2025 08:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item View Item