Larasati, Ayu (2023) Pengaruh Media Sosial, Trend Outfit, Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Perguruan Tinggi Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4119050 -Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
4119050 -Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
4119050 -Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Melihat fenomena sekarang ini yaitu dengan bertambah maju perkembangan teknologi, dimana media sosial semakin canggih. Apalagi remaja sekarang ini khususnya mahasiswa sangat aktif di media sosial. Hal tersebut cenderung dapat menyebabkan seorang remaja memiliki perilaku konsumtif dikarenakan ingin selalu berpenampilan menarik dan mengikuti trend fashion saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial, trend outfit, gaya hidup dan literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif fakultas ekonomi dan bisnis dari 3 perguruan tinggi di Pekalongan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu dengan uji validitas dan realiabilitas, kemudian menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, lalu uji hipotesis yang digunakan yaitu dengan uji t dan uji F dan yang terakhir yaitu uji koefisien determinasi (R²) dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa perbedaan dengan penelitian sebelumnya, seperti objek, jumlah sampel dan hasil analisis. Pada penelitianpenelitian sebelumnya variabel yang paling berpengaruh yaitu media sosial, namun berbeda dengan penelitian ini bahwa media sosial dan literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumitif mahasiswa sedangkan trend outfit dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Secara parsial nilai signifikansi media sosial sebesar 0,403, trend outfit sebesar 0,010, gaya hidup sebesar 0,000 dan literasi keuangan syariah sebesar 0,729. Secara simultan signifikan terdapat pengaruh media sosial, trend outfit, gaya hidup dan literasi keuangan syariah terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil perhitungan regresi diketahui bahwa koefisien determinasi ( R square) diperoleh sebesar 0,554, hasil ini memiliki arti bahwa 55,4% variabel Perilaku Konsumtif dapat dijelaskan oleh variabel media sosial, trend outfit, gaya hidup dan literasi keuangan syariah sedangkan sisanya sebesar 44,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Trend Outfit, Gaya Hidup, Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Konsumtif. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Qodariyah Siti Nurlaelatul | ||||||||
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 04:51 | ||||||||
| Last Modified: | 01 Dec 2025 04:51 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
