Pola Asuh Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Panti Asuhan Darul Khadlonah Desa Petukangan Kabupaten Pekalongan

Syafitri, Fitria (2020) Pola Asuh Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak di Panti Asuhan Darul Khadlonah Desa Petukangan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pola asuh berarti sebagai pola interaksi antara anak dengan orang tua. Hal ini, peneliti tertarik tentang bagaimana pola asuh untuk membentuk karakter religius anak di panti asuhan. Objek penelitian ini adalah pengasuh dalam membentuk karakter religius anak melalui pola asuhnya. Ketertarikan peneliti dilatarbelakangi oleh masih adanya anak yang berperilaku jauh dari nilai-nilai pendidikan karakter terutama berbudi luhur dan karakter religius. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola asuh dalam pembentukan karakter religius di Panti Asuhan Darul Khadlonah?, (2) Apa saja nilai karakter religius anak yang ditanamkan di Panti Asuhan Darul Khadlonah?, (3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat upaya pengasuh dalam membentuk karakter religius anak di Panti Asuhan Darul Khadlonah? Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bermaksud untuk mengetahui pola asuh dalam pembentukan karakter religius anak di Panti Asuhan Darul Khadlonah dan nilai karakter religius apa saja yang ditanamkan pada anak asuh dengan segala bentuk faktor penghambat dan pendukungnya. Harapan daripada penelitian ini agar menambah wawasan bagi peneliti dan pembaca mengenai pentingnya membentuk karakter religius. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan analisis data interaktif menurut Milies dan Huberman. Analisis data tersebut melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi simpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, pola asuh dalam pembentukan karakter religius anak di Panti Asuhan Darul Khadlonah yakni menggunakan pola asuh demokratis, dengan beberapa indikator pola asuh demokratis meliputi pengasuh memberi perhatian dan kasih sayang, pengasuh memberi bimbingan dan pendidikan, pengasuh memberi semangat dan motivasi. Kedua, nilai karakter religius pada anak meliputi, sikap kesantunan, mandiri, disiplin, menghormati orang lain, jujur dan kepercayaan, pergaulan yang baik, kerja keras, rasa ingin tahu dan sabar. Ketiga, faktor pendukung meliputi, keluarga/ wali anak, lingkungan panti asuhan, lingkungan sosial/masyarakat, sarana dan prasarana. Faktor penghambat meliputi, bawaan dari keluarga anak, lingkungan sosial/masyarakat, dan dana operasional panti asuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh dan Karakter Religius
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:21
Last Modified: 15 Aug 2022 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item