Nisfulaela Iga, Subchani (2020) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi ( Studi Kasus Smp Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam sangatlah penting diajarkan kepada semua anak tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus perlu perhatian yang serius. Peran guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting, hal ini termasuk dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Rumusan masalah pada penelittian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SMP Negeri 2 Kesesi kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi siswa berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SMP Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuham khusus dalam pendidikan inklusi di SMP Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SMP Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (peelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,dan dokumentsi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan tiga macam proses analisis, yaitu reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan secara umum sama dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas umum. Namun, dalam pembelajarannya menerapkan prinsip-prinsip umum yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran di kelas inklusi di SMP Negeri 2 Kesesi Kabupaten Pekalongan sudah menggunakan kurikulum K-13. Didalam pembelajaran Penddidikan Agama Islam guru menggunakan metode pembelajaran jig saw, cera,ah, tutor sebaya. Adapun pelaksanaan Pendidikan Agama Islam secara aplikatif yakni adanya kegiatan infaq tiap hari Jum’at, sholat dhuhur berjamaah dan sholat dhuha. Adapun perbedaan untuk anak berekbutuhan khusus dengan anak reguler yakni pada evaluasi yang berbeda diantara keduanya. Adanya perbedaan target yang harus dicapai baik materi pembelajaran maupun skor nilai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:22 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1691 |
Actions (login required)
View Item |