Pengaruh E-Trust dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Mobile Banking Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat Pekalongan Pengguna Mobile Banking Syariah).

Aini, Siska Nur (2023) Pengaruh E-Trust dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Mobile Banking Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat Pekalongan Pengguna Mobile Banking Syariah). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219116 - Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4219116 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4219116 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Loyalitas merupakan kondisi psikologis yang berkaitan dengan sikap terhadap produk, konsumen akan membentuk keyakinan, menetapkan suka dan tidak suka, dan memutuskan apakah mereka ingin membeli produk. E-trust merupakan kecenderungan seseorang untuk mempercayai sesuatu dan bertindak sesuai perkataan. Brand image adalah proses seseorang dalam memilih, mengorganisasikan, dan mengartikan masukan dari berbagai informasi menjadi terciptanya suatu gambar yang memiliki arti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-trust dan brand image terhadap loyalitas nasabah menggunakan mobile banking syariah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada masyarakat pekalongan pengguna mobile banking syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan sampel dengan metode probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-trust berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,219 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Brand Image berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,461dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. E-Trust tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyaltas nasabah dengan nilai beta 0,084 dan signifikansi 0,258 > 0.05. Brand Image tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,135 dan signifikansi 0,143 > 0,05. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,280 dan signifikansi 0,018 < 0,05. Kepuasan nasabah tidak memediasi pengaruh perbankan e-trust terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung = 1,967 < t tabel 1,98638. Kepuasan nasabah memediasi pengaruh brand image terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung = 2,873 > t tabel = 1,98638.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArisnawati, Nur FaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Trust, Brand Image, Loyalitas Nasabah dan Kepuasan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:21
Last Modified: 12 Dec 2025 08:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item