Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan.

UNSPECIFIED (2020) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
fULL tEKS.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini. Di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan ini telah terjadi perilaku yang menyimpang dari norma-norma terutama kemerosotan akhlak yang terjadi pada anak-anak sekarang yang memprihatinkan, khususnya bullying. Di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan ini terdapat berbagai jenis dan macam-macam bullying. Dalam masalah yang menyimpang ini upaya Guru Pendidikan Agama Islam adalah yang paling utama. Diharapkan mampu menanggulangi berbagai macam masalah yang menyimpang dari norma agama ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa bentuk-bentuk perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan, apa faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan, dan bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Sedangkan tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Quran Pekalongan, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan, untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode analisis data deskriptif menggunakan model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying yang ada di SMP Sains Cahaya Al-Quran Pekalongan berupa ejekan, lalu masalahnya menjadi besar sehingga terjadi dendam permusuhan, untuk faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an yaitu ingin menunjukkan popularitasnya dan memiliki sifat agesif, dan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan melalui diberikan nasihat mengenai bahaya melalukan tindakan bullying, bahaya terhadap gangguan psikologis korban, dan dampak negative lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Peraturan Kedisiplinan, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:52
Last Modified: 30 Jun 2021 04:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item