Pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap pendapatan (studi kasus pada UMKM kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi)

Hidayah, Evita Nurul (2023) Pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap pendapatan (studi kasus pada UMKM kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119092 - Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4119092 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4119092 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Persaingan antar pengusaha begitu sangat ketat, munculnya banyak pesaing baru yang memberikan penawaran produk serupa, dan berkembangnya sistem informasi dan mudahnya informasi menyebar dengan cepat ini menjadi ancaman juga bagi para pelaku usaha, dengan mudahnya informasi menyebar maka semakin banyak kompetisi untuk itu pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan harus terus berusaha menciptakan daya saing produk dengan mengandalkan kualitas, seperti desain produk yang menarik, menentukan harga yang sesuai dengan kondisi ekonomi konsumen atau pelanggan pada saat ini, dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik, dan promosi yang dapat menarik konsumen sehingga peneliti tertarik untuk membahas pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap pendapatan pada UMKM Kuliner Di desa Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi berpengaruh terhadap Pendapatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,058 > 0,05, dan nilai -1,932 < 1,998. (2) harga secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai 4,868 > 1,998. (3) kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai -2,858 < 1,998. (4) promosi secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai 3,346 > 1,998. (5) Hasil pengujian f atau simultan menunjukkan bahwa variabel independen yaitu produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi mempunyai nilai nilai 13,941 > 2,51 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) koefisien determinasi ( ) sebesar 0,429.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi'i, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Pendapatan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:53
Last Modified: 23 Dec 2025 01:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item View Item