Aktualisasi Strategi Ekspositori Berbasis Digital Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Research Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang)

Sopari, Muhammad (2021) Aktualisasi Strategi Ekspositori Berbasis Digital Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Research Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2117220_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117220_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2117220_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang sering dilaksanakan dalam pembelajaran tatap muka. namun, strategi pembelajaran Ekspositori juga dapat digunakan dalam pembelajaran non tatap muka (Daring) dengan melakukan aktualisasi terhadap strategi tersebut dengan disertai pemanfaatan terhadap teknologi dan Digital Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi strategi Ekspositori berbasis Digital Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang? dan apa saja kendala dan solusi dalam proses aktualisasi strategi pembelajaran Ekspositori berbasis Digital Learning pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di masa pandemi COVID-19 di SMP N 01 Warungasem Kabupaten Batang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianlapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI. sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan yang ada di SMP N 01 Warungasem. Adapun teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa aktualisasi strategi Ekspositori yang dilaksanakan di SMP N 01 Warungasem adalah dengan cara mengelaborasikan tahap-tahap strategi Ekspositori seperti perencanaan, pendahuluan, penyajian, korelasi, pengecekan pemahaman dan pemberian latihan lebih lanjut dengan pemanfaatan teknologi dan Digital Learning. kemudian beberapa kendala internal dalam proses reaktualisasi antara lain adalah beban moral, kurangnya pemahaman teknologi, dan turunya semangat belajar para peserta didik. Dengan solusi yang dilakukan oleh pendidik adalah optimalisasi kemampuan pendidik, koordinasi mgmp, dan kegiatan sapa pagi. kemudian beberapa kendala eksternal antara lain adalah, adaptasi regulasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan waktu pembelajaran yang lebih singkat dengan solusi yang dilakukan adalah mengikuti kegiatan diklat dan optimslisasi pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Ekspositori, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Digital Learning, Pandemi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:06
Last Modified: 23 Dec 2025 02:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17029

Actions (login required)

View Item View Item