Studi Komparasi Motivasi Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Pekalongan berdasarkan Jalur SPAN-PTKIN dan UMPTKIN

Danaya, Amnah (2021) Studi Komparasi Motivasi Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2019 IAIN Pekalongan berdasarkan Jalur SPAN-PTKIN dan UMPTKIN. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116047_ Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021116047_ Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021116047_ Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN merupakan jalur seleski masuk yang dapat diikuti calon mahasiswa untuk mendaftar di IAIN Pekalongan. Tujuan diadakannya seleski masuk adalah agar mahasiswa yang terjaring merupakan mahasiswa yang bermutu. Dari kedua jalur tersebut nantinya mahasiswa akan mendapatkan perlakuan yang sama, baik dari pembelajaran, tugas, uts dan uas. Dalam proses pembelajaran terdapat faktor yang cukup dominan dalam mempengaruhi pembelajaran yaitu motivasi, karena motivasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 IAIN Pekalongan berdasarkan jalur masuk SPANPTKIN?, bagaimana motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 IAIN Pekalongan berdasarkan jalur masuk UM-PTKIN?, apakah terdapat perbedaan motivasi belajar Mahasiswa PAI angakatan 2019 berdasarkan jalus masuk SPANPTKIN dan UM-PTKIN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 berdasarkan jalur masuk SPAN-PTKIN, Untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 berdasarkan jalur masuk UM-PTKIN, untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa PAI berdasarkan jalur masuk SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Uji t. Sebelum data dihitung dengan Uji t, data terlebih dahulu dicek validitas dan reliabilitas. Dari perhitungan didapatkan hasil r hitung lebih besar dari t tabel yaitu 0,238, sehingga 25 pertanyaan tersebut valid atau sah. Kemudian diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebanyak 0,906 sehingga semua pertanyaan reliabel Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi mahasiswa PAI yang masuk SPAN-PTKIN dikategorikan cukup, yaitu berada pada interval 71.574- 81.666 dengan rata-rata 76.62. Tingkat motivasi mahasiswa PAI yang UMPTKIN dikategorikan cukup, yaitu berada pada interval 74.142-84.098 dengan nilai rata-rata 79.12. Berdasarkan analisis menggunakan uji t dari perhitungan F hitung, didapat nilai Sig F hitung 0.567>0.05. Hal ini menunjukan bahwa Ho diterima. Kemudian, karena Sig F hitung mempunyai keputusan equal varience assumed, maka t test sebaiknya menggunakan dasar equal varience assumed. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai Sig t hitung 0.137>0.05, maka Ho diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan motivasi belajar berdasarkan jalur masuk SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Motivasi Belajar, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:41
Last Modified: 23 Dec 2025 02:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17042

Actions (login required)

View Item View Item