Mutmainah, Siti (2020) Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Dalam Ekstrakurikuler Pramuka SMPN 8 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan Emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, serta kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Kecerdasan emosional dalam diri seseorang dapat mengontrol sikap dan perilakunya karena emosi dikendalikan dengan baik.Sehingga seseorang yang dapat mengendalikan emiosinya maka ia akan menjalani kehidupannya dengan mudah dan tidak mudah berputus asa karena dirinya dapat memotivasi dan mengerti keadaan dirinya maupun sekitarnya. Dari uraian diatas maka dirumuskan masalah (1) Bagaimana pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstrakurikuler pramuka? (2) Apa saja factor pendukung dan factor penghambat pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka?.Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah: (1) Dapat memberikan informasi dan data dalam pemngembangan kecerdasan emosional siswa (2) Dapat dijadikan sebagai pedoman atau untuk penelitian-penelitian selanjutnya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan emosional siswa. Sedangkan kegunaan praktis dari penelitian in iadalah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan informasi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka (2) dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan wawasan bagi pendidik dalam mengatasi permasalahan yang timbul yang berkenaan dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Sumber data primer : Pembina dan Siswa SMPN 8 Pekalongan. Sumber data sekunder :Arsip-arsipsekolah, buku-buku, jurnal, skripsi yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan perkemahan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dalam ekstra kurikuler pramuka di SMPN 8 Pekalongan dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan berlangsung dengan baik.Kegiatan pengembangan kecerdasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | PoinPengembanganKecerdasanEmosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1706 |
Actions (login required)
View Item |