Maula, Ianatul (2021) Metode Pendidikan Islam di Keluarga Untuk Mengantisipasi Krisis Moral Remaja di Kelurahan Pasirkratonkramat Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2117250_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2117250_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2117250_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Islam dalam keluarga merupakan suatu hal yang terpenting dalam proses pembinaan. Oleh karena itu, pendidikan Islam di keluarga sangat diperlukan untuk mengetahui batasan-batasan baik dan buruk dalam kehidupan sehari hari. Pendidikan Islam di keluarga merupakan sarana utama yang harus diperluas dalam mempersiapkan generasi muslim, dengan alasan bahwa ketidaknormalan pelajaran Islam disebabkan oleh jauhnya individu dari metode. Menyangkut hal tersebut di era sekarang ini terjadi fenomena krisis moral dimana terjadi kemerosotan budi pekerti dan cara bertingkah laku dengan orang lain, metode yang ada pada pendidikan Islam di keluarga di harapkan mampu mengantisipasi terjadinya krisis moral, metode tersebut yaitu keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman. Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana gambaran krisis moral remaja di kelurahan Pasirkratonkrarmat, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya krisis moral dan bagaimana metode pendidikan Islam di keluarga untuk mengantisipasi krisis moral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa krisis moral yang terjadi kelurahan Pasirkratonkramat adapun bentuk krisis moral tersebut termasuk ke dalam kategori ringan, bentuk bentuk krisis moral yang terjadi berwujud hilangnya tata krama dalam berperilaku, Pudarnya nilai kesopanan, hilangnya budaya kejujuran, dan juga melawan orang tua. Faktor yang mempengaruhi terdapat tiga faktor dimana yaitu pribadi, keluarga dan lingkungan faktor yang paling menonjol adalah faktor lingkungan dimana remaja salah dalam pergaulan di lingkungan sekitar membawa dampak negatif. Metode pendidikan Islam di keluarga diharapkan mampu bisa mengantisipasi terjadinya krisis moral, keluarga di kelurahan Pasirkratonkramat sudah menerapkan metode tersebut akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak semua metode bisa berjalan secara maksimal, metode tersebut ialah keteladanan, pembiasaan, nasihat, dan hukuman..
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Pendidikan Islam di Keluarga, Krisis Moral | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 04:39 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 04:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
