Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Bingkai Kearifan Lokal “Gendukan” di Desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Musyafa’, Musyafa’ (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Bingkai Kearifan Lokal “Gendukan” di Desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116132_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2021116132_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2021116132_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya puritanisme dengan argumennya yang berusaha memurnikan dan mengembalikan Islam kepada ajaran Nabi, seakan-akan Islam yang dikembangkan oleh para pendahulu terkontaminasi oleh bid’ah khurafat, sehingga masyarakat khususnya generasi muda yang saat ini cenderung condong kepada budaya barat dikhawatirkan dapat mengakibatkan terkikisnya rasa kecintaan terhadap kebudayaan atau kearifan lokal, sedangkan kearifan lokal sendiri pada dasarnya memiliki nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan sebagai basis pendidikan karakter. Selain itu, tidak semua budaya atau kearifan lokal bertentangan dengan agama Isam, justru kearifan lokal ini merupakan salah satu media dan strategi yang digunakan oleh walisongo dalam menyiarkan agama Isam dengan santun, damai dan terbukti mampu melahirkan corak keagamaan yang lebih nyaman dirasakan oleh mayoritas ummat muslim Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kearifan lokal “Gendukan” di desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, 2) Relevansi nilai-nilai karakter dalam kearifan lokal “Gendukan” di desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dengan pendidikan agama Islam. Adapun Jenis penelitian ini berbentuk field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kearifan lokal Gendukan di desa Karanganyar Tirto Kabupaten Pakalongan, memiliki beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya, diantaranya adalah: (1) Nilai Religius, (2) Nilai Tanggung Jawab, (3) Nilai Cinta Tanah Air, (4) Nilai Menghargai Prestasi, (5) Nilai Kreatif, (6) Nilai Peduli Sosial dan Bersahabat/komunikatif, (7) Nilai Demokrasi, (8) Nilai Toleransi, (9) Nilai Gemar Membaca. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada kearifan lokal Gendukan dengan pendidikan Agama Islam dapat kita temui pada perpaduan antara musik tradisional dengan nilai-nilai keislaman seperti sholawat, lantunan syair dari kitab berzanji, dan lain sebagainya, dimana semua nilai karakter tersebut sangat relevan dengan pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal Gendukan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:33
Last Modified: 24 Dec 2025 01:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17101

Actions (login required)

View Item View Item