Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring Dan Luring Di Kelas IX Smp Muhammadiyah 9 Petarukan Tahun Pelajaran 2020 / 2021

Pertiwi, Ria Dina (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring Dan Luring Di Kelas IX Smp Muhammadiyah 9 Petarukan Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116188_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2021116188_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2021116188_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu system penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pengembangan karakter bangsa dapat dilakukan melalui perkembangan karakter individu seseorang.Akan tetapi, karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka perkembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan. Artinya, perkembangan budaya dan karakter dapat dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskan peserta didik dari lingkungan sosial,budaya masyarakat, dan budaya bangsa. Lingkungan sosial dan budaya bangsa adalah Pancasila, sehingga implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI melalui daring dan luring di SMP Muhammadiyah 9 Petarukan sangat begitu di tekankan dengan menyesuaikan keadaan masa pandemi. Dari penjabaran latar belakang diatas, peneliti menyusun rumusan masalah, sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui daring dan luring di kelas IX SMP Muhammadiyah 9 petarukan tahun pelajaran 2020 / 2021? 2) Apa Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter (disiplin, kejujuran, mandiri) pada pembelajaran pendidikan agama islam melalui daring dan luring di kelas IX SMP Muhammadiyah 9 petarukan tahun pelajaran 2020 / 2021? Jenis penelitian field research dan pendekatanya kualitatif, sumber data yang digunakan berupa sumber data primer, seperti kepala sekolah, guru PAI,guru kelas dan siswa kelas IX, sumber data sekunder seperti buku, internet, jurnal, pengunaan teknik dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan model deskripsi dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui daring dan luring di kelas IX SMP Muhammadiyah 9 petarukan tahun pelajaran 2020/2021 meliputi: program,konsep pemberian tugas yang di rancang sekolah dengan guru PAI yang mempunyai tujuan untuk bisa menamkan pendidikan karakter terutama karakter disiplin, mandiri, jujur dan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari siswa dengan xiii tantangan di masa pandemi yaitu dengan sistem belajar daring dan luring serta menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dari berlangsungnya implementasi pendidikan karakter dalam PAI melalui daring dan luring

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Daring dan Luring
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:10
Last Modified: 24 Dec 2025 02:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item