Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) Di MTs Tholabuddin Masin Warngasem Batang

Pandini, Intan (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) Di MTs Tholabuddin Masin Warngasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2021116232_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021116232_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021116232_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter harus dilakukan secara berkesinambungan yang dimana melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, cinta, serta tindakan. Oleh karena itu, penting adanya pembinaan pendidikan karakter peduli sosial bagi peserta didik melalui implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) di sekolah. Rumusan masalah peneliti terdiri dari dua rumusan yaitu: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang ? 2) Apa saja faktor pendukung dan pengahmabat dalam implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang ? Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) serta faktor pendukung dan pengahmabat dalam implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Sedangkan dalam menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan Model Interaktif milik Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Tholabuddin Masin telah melaksanakan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S. Pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya 5S ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, perencanaan di mana pendidikan karakter ini terdapat dalam visi dan misi sekolah serta RPP. Kemudian ada pelaksanaan, pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial ini dilaksanakan melalui pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pengondisian. Kemudian yang terakhir ada evaluasi. Sedangkan faktor pendukung yakni adanya SDM yang baik, materi pelajaran yang sesuai dan sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat adalah dari siswa itu sendiri yang sulit diatur dan kurang bisa menaati peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:03
Last Modified: 24 Dec 2025 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item