Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong kabupaten Pekalongan

Sandi, Candra Kurnia (2020) Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Masalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja saat ini khususnya diusia sekolah, bukan hanya meresahkan masyarakat, orang tua, bahkan meresahkan para guru di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam turut serta mengatasi terjadinya perilaku menyimpang peserta didik, sebab guru agama merupakan sosok yang bertanggung jawab langsung terhadap pembinaan moral dan menanamkan norma hukum tentang baik buruk serta tanggung jawab seseorang atas segala tindakan yang dilakukan baik di dunia maupun di akhirat. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku menyimpang peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong, (2) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab perilaku menyimpang peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong, dan (3) Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan konsep yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh peserta didik di SMA Negeri 1 Bojong masih tergolong ringan seperti kurang mentaati tata tertib yang ada di sekolah, kemudian yang tergolong sedang seperti adanya beberapa dari peserta didik yang merokok ketika berada di sekolah. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang peserta didik SMA Negeri 1 Bojong adalah faktor keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. (3) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang dengan melakukan berbagai tindakan Pencegahan (tindakan preventif) seperti sholat dhuhur berjamaah, memotivasi peserta didik, membantu mengatasi masalah peserta didik, dan mengajak peserta didik untuk ikut kegiatan Rohis maupun BTQ. Kemudian Penanganan dan Penanggulangan (Tindakan Kuratif dan Pembinaan), Seperti menegakkan kedisiplinan, bimbingan dan nasehat, penerapan sanksi, serta bekerja sama dengan guru bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Menyimpang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:25
Last Modified: 28 Dec 2021 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item