Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan

Qurrotunnisa’, Alisa (2021) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117068_Bab1&5.pdf

Download (356kB)
[img] Text
2117068_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text
2117068_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dewasa ini pendidikan agama Islam di Indonesia sering kali mendapat kritik tajam dari masyarakat, terutama dalam hal pembentukan sikap, keimanan dan ketaqwaan peserta didik yang hasilnya sering tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti adanya kerusakan moral, kenakalan remaja dll. yang pada akhirnya seringkali membuat masyarakat kecewa. Bahkan sumber daya manusia yang dipersiapkan melalui pendidikan sebagai generasi penerus belum sepenuhnya memuaskan bila dilihat dari segi akhlak, jati diri bangsa, dan keragaman budaya bangsa. Oleh karena itu, di sinilah pentingnya peningkatan mutu pendidikan agama Islam untuk menjadi prioritas dan disadari oleh banyak pihak. SMP Salafiyah Pekalongan merupakan sekolah swasta yang berciri khas keagamaan yang kuat, dengan penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) yang dilakukannya membuatnya lebih berdaya dalam mengembangkan dan mengelola sumber daya yang dimilikinya sesuai kondisinya secara mandiri dengan kewenanagan dan tanggung jawab yang lebih besar didasari partisipasi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah pada umumnya dan meningkatkan mutu pendidikan agama islam pada khususnya guna untuk mempersiapkan dan mencetak hasil pendidikan sesuai yang diharapkan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatakan mutu pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data secara deskriptif. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan skunder dengan pengumpulan data mengggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yaitu penerapan MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Salafiyah Pekalongan dilakukan melalui langkah-langkah MBS yang meliputi evaluasi diri, perumusan visi misi dan tujuan sekolah, perencanaan, pelaksanaan yang didalamnya memuat 7 komponen MBS, evaluasi dan pelaporan. Kemudian penerapan MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam di SMP Salafiyah tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaanya, faktor yang mendukung yaitu adanya kewenanagan dan otonomi yang jelas, kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dan pengambilan keputusan teknis yang partisipatif di sekolah, pemberdayaan fasilitas pendidikan yang efektif dalam mendukung program pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu keadaan peserta didik yang kurang mendapat motivasi, peran pendidik yang kurang maksimal, kurangnya dukungan dana dan kurangnya parisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 04:05
Last Modified: 24 Dec 2025 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item