Peran Kyai dalam Menghadapi Kenakalan Remaja Santri Di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an “Nurul Qur’an” Desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Fatihin, Hoerul (2020) Peran Kyai dalam Menghadapi Kenakalan Remaja Santri Di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an “Nurul Qur’an” Desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Remaja santri merupakan anak didik Kyai di pondok pesantren dengan rentang usia 12 tahun hingga 18 tahun, Semua tata aturan dalam pondok pesantren dibuat dengan tujuan untuk mengarahkan santri menjadi lebih baik. Kyai sebagai guru dan orang tua sehingga semua yang dilakukan para santri akan diawasi dengan baik oleh Kyai. Perilaku para santri di pondok pesantren dinilai baik ketika mampu memenuhi segala aturan yang ada. Tata tertib yang ada di pondok pesantren seperti ghosob, mencuri, pacaran, tidak mengikuti jama’ah, membawa HP dan lainnya sering kali dihiraukan oleh beberapa santri dengan sebab terbatasnya kedisiplinan pada diri santri. Santri yang dimaksud adalah santri di pondok pesantren Tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an. Dengan adanya permasalahan yang terjadi di pondok pesantren Tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an maka penulis memiliki tiga rumusan masalah yaitu apa bentuk kenakalan santri, peran Kyai dan faktor pendukung penghambat peran Kyai. Dalam penelitian skripsi yang penulis lakukan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk kenakalan santri, peran yang ada pada Kyai, faktor pendukung dan penghambat peran Kyai dalam menghadapi kenakalan santri. Dalam penulisan skripsi yang peneliti lakukan dalam metodologi penulisannya adalah jenis penelitian kualitatif yang bertempat di pondok pesantren Tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an Desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dengan waktu 8-10 Januari 2020. Sumber data yang peneliti gunakan adalah Kyai Muhammad Thoha AD sebagai sumber data primer dan sumber data sekunder meliputi para santri, buku-buku perpustakaan dan sumber lain yang terkait. Sedangkan tehnik pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam untuk mendalami ilmu keagamaan Islam dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup sehari-hari dengan penekanan pentingnya moral dalam hidup bermasyarakat. Kehidupan di pondok pesantren terjalin dengan baik antara santri dengan Kyai. Hasil penelitian dalam skripsi adalah pertama, bentuk kenakalan santri di pondok pesantren tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an adalah merokok, membawa HP, pacaran, tidak mengikuti jama’ah, ghosob, keluar melewati batas, semir rambut, menonton konser dan tidur di kost teman sekolah. Bentuk kenakalan tersebut dibagi dalam dua kategori yaitu sesuai dengan KUHP dan pelanggaran norma sosial atau norma lainnya. Peran Kyai diantaranya yaitu pengajaran, kyai memberikan ilmu pengetahuan kepada para santri melalui kitab yang dimilikinya. Kyai sebagai pendidik, yaitu memberikan ilmu tentang cara bersikap dan berperilaku dengan baik. Kyai sebagai pensucian, yaitu mengajarkan para santri untuk memiliki jiwa yang bersih dan lebih dekat dengan Allah Swt. Dalam menjalankan perannya Kyai memiliki faktor pendukung sehingga peran yang dipegang dapat berjalan dengan baik. faktor pendukung tersebut adalah adanya kegiatan ekstrakulikuler yang membantu waktu kosong bagi santri, selain itu ekstrakulikuler dimanfatakan untuk mengembangkan bakat dan minat para santri seperti halnya hadrah, khitabah dan olahraga. Sedangkan faktor penghambat peran Kyai adalah rata-rata santri yang bersekolah formal di luar pondok pesantren sehingga pihak pondok dan Kyai tidak dapat mengawasi perilaku para santri dan kegiatan Kyai di luar pondok

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kyai, Peran Kyai dan Kenakalan Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:58
Last Modified: 15 Aug 2022 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item