Penerapan Tata Krama Jawa Dalam Proses Pendidikan Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong

Priyambodo, Yustisian Izza (2021) Penerapan Tata Krama Jawa Dalam Proses Pendidikan Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117007_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117007_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2117007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong merupakan Pondok Pesantren yang berada di Jalan Pahlawan, Kampir Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Masyarakat sekitar pondok masih sangat kental akan budaya bertata krama jawa. Jadi, Pondok pesantren HIdayatul Mubtadi-ien Bojong menerapkan tata krama jawa dalam proses pendidikannya agar para santri dapat terbiasa berperilaku baik dengan menggunakan tata krama jawa. Tata krama jawa diterapkan guna para santri dapat bergaul dengan masyarakat disekitar pondok dengan baik. Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah yang sudah dibuat oleh penetiti, yaitu bagaimana penerapan tata krama jawa dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong? dan apa faktor penunjang dan penghambat penerapan tata krama jawa di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Bojong?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tata krama jawa dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong dan mengetahui faktor peunjang dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus dan santri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, penerapan tata krama jawa dalam proses pendidikakan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong dipengaruhi oleh penerapan tata krama jawa yang dibawa santri dari kebiasaan mereka bertata kram dengan orang tuanya. Kebiasaan ini diterapkan oleh santri pada kehidupan sehrihari di lingkungan pondok dari mengormati sesama hingga menghormati Abah kyai dan Ibu nyai. Selain itu dari pihak pondok sudah menyiapkan tata tertib untuk menyamakan kebiasaan santri yang beragam dan memberikan kajian kitab washoya lil abba lil abna kepada santri agar mereka memahami tata krama khususnya jawa yang baik menurut ajaran agama Islam. Faktor penunjang penerapan tata krama ini adalah para santri yang sudah menerapkan tata krama jawa yang baik. Mereka mengajarkan tata krama jawa kepada santri yang belum paham dalam bertata krama jawa. Selain itu, santri yang sudah lama menempuh pendidikan di pondok juga menjadi penunjang penerapan tata krama jawa di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong. Faktor penghambat penerapan tata krama jawa dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong adalah para santri xii yang belum menerapkan tata krama jawa dengan baik dan para santri yang berasal dari luar pulau jawa. mereka harus belajar lebih giat agar bisa beradaptasi di lingkungan pondok yang menerapkan tata krama jawa dalam proses pendidikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Tata krama jawa, Pendidikan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 07:17
Last Modified: 24 Dec 2025 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item