Lutfiana, Hana (2020) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas XI Keagamaan MAN Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, http://iainpekalongan.ac.id/.
Text
BAB I-V.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kreativitas guru, motivasi belajar siswa Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk dapat menggikuti perkembangan IPTEK dan mengasah kreativitasnya dengan tujuan apabila guru kreatif saat mengajar dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Namun, hal itu tidak sejalan, dapat dilihat dari banyaknya permasalahan yang ada di lapangan saat pembelajaran berlangsung diantaranya yaitu 1) guru menggunakan metode ceramah, namun dalam penerapannya metode tersebut kurang efektif apabila tidak ada alat bantu. 2) Dalam mengajar dengan metode ceramah tidak semua siswa dengan dijelaskan dapat memahami materi tersebut, terkadang siswa merasa malas mempelajari sejarah, 3) penggunaan metode dan cara mengajar yang monoton membuat siswa menjadi bosan, 4) siswa tidak dapat mengembangkan pengetahuannya karena hanya terpangku pada buku pelajaran saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru, motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas XI Keagamaan MAN Kota Tegal. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif, kreativitas guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI Keagamaan MAN Kota Tegal sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji regresi sederhana. Hasil perhitungan terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas XI Keagamaan MAN Kota Tegal. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil dari perhitungan adalah 5,535 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 2,457. Dari hasil ini dapat dirumuskan bahwa nilai sebesar 5,535 dari nilai sebesar 2,457, sehingga diterima dan ditolak. Sedangkan dalam taraf signifikansi 5% adalah 1,697, sehingga dapat dirumuskan sebesar 5,535 dari nilai sebesar 1,697, sehingga diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas guru, motivasi belajar siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 04:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1719 |
Actions (login required)
View Item |