UNSPECIFIED (2020) Studi Komparasi Minat Belajar Siswa Kelas X terhadap Pembelajaran PAI berbasis Daring dan Luring di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar tidak akan menemui kendala yang begitu berarti apabila minat belajar siswa tinggi. Pada masa pandemi seperti ini, pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh mengharuskan siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berbeda dari biasanya, dilakukan melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). SMK Diponegoro Karanganyar sendiri dalam pembelajaran PAI menerapkan model pembelajaran jarak jauh berupa pembelajaran berbasis daring dan luring. Kedua model pembelajaran tersebut tentunya harus dirancang dengan baik agar minat belajar siswa tinggi sehingga pembelajaran berkesan mendalam dan tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal. Penggunaannya disesuaikan dengan kemampuan siswa dan guru dalam mendukung terlaksananya pembelajaran. Antara pembelajaran daring dan luring ini memiliki kekuatan dan kelemahan masing – masing. Oleh karena itu, studi komparasi minat belajar siswa terhadap pembelajaran PAI berbasis daring dan luring perlu dilakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini akan menjawab tentang bagaimana minat belajar siswa kelas X terhadap pembelajaran PAI berbasis daring dan luring di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Setelah itu, peneliti akan mengkomparasikan minat belajar siswa antara pembelajaran PAI berbasis daring dengan luring. Dalam pengumpulan data yang diperlukan, maka peneliti menggunkaan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Kuesioner dibagikan kepada sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Kemudian menganalisa data yang terkumpul dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survei menggunakan teknik komparasi uji paired sample t- test. Hasil analisis komparasional dengan uji paired sample t – test menunjukkan bahwa nilai |t_hitung | ≥ t_tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Pada taraf signifikansi 5% nilai t_hitung>t_tabel yaitu 3,537 > 1,983 dan pada taraf signifikansi 1% nilai t_hitung>t_tabel yaitu 3,537 > 2,624. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan terhadap pembelajaran PAI berbasis daring dan luring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Daring, dan Pembelajaran Luring | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2021 09:48 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2021 09:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1734 |
Actions (login required)
View Item |