Implementasi kurikulum k13 mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti bagi siswa tunagrahita kelas xi di SLBN Menowo kota Magelang

Mentari, Retno Putri (2020) Implementasi kurikulum k13 mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti bagi siswa tunagrahita kelas xi di SLBN Menowo kota Magelang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang sangat strategis karena merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013 merupakan kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. SLB atau sekolah inklusi sama halnya dengan sekolah umum telah menerapkan kurikulum 2013. Bagi siswa tunagrahita tentunya akan mengalami kendala dan hal inilah menarik bagi penulis untuk melakuan penelitian. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana implentasi kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 bagi siswa tunagrahita . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni metode penelitian yang sistematis digunakan untuk mengkaji atau meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi di dalamnya dan tanpa ada pengujian hipotesis, dengan metode-metode yang alamiah ketika hasil penelitian yang diharapkan bukanlah generalisasi berdasarkan ukuran- ukuran kuantitas, namun makna (segi kualitas) dari fenomena yang diamati. Hasil dari penilitian yang ditemu dilapangan adalah Implemetasi Kurikulum 2013 sudah terealisasikan dengan model yang di modifikasi dan disesuaikan dengan keterbatasan yang dimiliki oleh siswa tunagrahita. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah Pendidik atau guru yang memiliki kreatifitas dalam menggunakan strategi dan media yang tepat. Sedangkan untuk faktor penghambat dari Implementasi Kurikulum 2013 adalah peserta didik atau siswa tunagrahita itu sendiri, sebab keterbatsan intelegensi atau IQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum K13, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunagrahita, Sekolah Luar Biasa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:33
Last Modified: 01 Jul 2021 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item