Implementasi Bimbingan Agama Untuk Menumbuhkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dalam Program Tahfidz di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan

Rudiyansyah, Dhanang (2019) Implementasi Bimbingan Agama Untuk Menumbuhkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dalam Program Tahfidz di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam proses menghafal Al-Qur’an memang tidaklah mudah seperti seseorang menghafalkan lagu, dalam proses ini dibutuhkan keyakinan, keniatan, kemauan yang tinggi, rasa semangat dalam mengejar ridho dari Allah SWT. tidak cukup hanya berbekal kemauan dan niat saja, para santri juga harus dibekali dengan adanya bimbingan agama, bimbingan agama disini berfungsi sebagai penyemangat ataupun motivasi apabila para santri dalam melakukan proses menghafal Al-Qur’an mengalami berbagai kendala dalam menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang dibahsa dalam skripsi ini yaitu: 1)Bagaimana motivasi santri dalam program Tahfidz Al-Qur’an di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen,2) Bagaimana implemantasibimbingan agama untuk menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam program tahfidz di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif,dengan menggunakan pendekatan psikologis. Sumber datanya menggunakan dengan dua sumber data yaitu sumber data primer yaitu Pak Ustad dan santri yang ada di PAY M Kajen, dan sumber data sekunder yaitu staff pegawai PAY M Kajen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan agama unruk menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam program Tahfidz di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen, awalnya santri merasa kesulitan dalam menghafalkan lafadz-lafadz Al-Qur’an, tetapi setelah seiring berjalannya waktu dibantu dengan bimbingan-bimbingan yang diberikan ustad, santri dapat belajar dan mendapatkan cara sendiri-sendiri untuk menghafalkan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMisbakhudin, MisbakhudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam - Bimbingan dan Penyuluhan, Motivasi, Tahfidz
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.4 Student Guidance and Counseling/Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:28
Last Modified: 15 Aug 2022 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item View Item