Pengembangan perangkat penilaian afektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas vii di SMP N 6 Pekalongan

Primadasa, Hanifah Prameswari (2020) Pengembangan perangkat penilaian afektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas vii di SMP N 6 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Affective Domain, yaitu internalisasi sikap yang menunjukkan ke arah pertumbuhan bathiniah dan terjadi bila peserta didik menjadi sadar tentang nilai yang diterima, kemudian mengambil sikap sehingga menjadi bagian dari dirinya dalam membentuk nilai dan menentukan tingkah laku. Namun, masalah yang ditemukan di lapangan, guru-guru cenderung mengabaikan evaluasi afektif dan lebih memfokuskan pembelajaran pada penuntasan kognitif semata. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak ditemukannya peserta didik yang perilakunya kurang bisa disebut sebagai sikap yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Padahal dalam kurikulum 2013 ini menekankan pada pendidikan karakter, namun dengan kelalaian guru yang menganggap remeh penilaian afektif ini maka yang dihasilkan adalah peserta didik yang nilai sikapnya kurang baik. Sehinggakonsep-konseppendidikan Islam belumsepenuhnyadapatditerapkan di sekolahbaikdari guru maupunsiswa. Adapaun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan penilaian afektif pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan dan bagaimana implikasi dari pengembangan penilaian afektif dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penilaian afektif pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan dan untuk mengetahui bagaimana implikasi dari pengembangan penilaian afektif dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk dapat memaksimalkan penilaian afektif pada saat pembelajaran PAI, dan bagi orang tua diharapkan dapat mengawasi dan menanamkan sikap baik anak sejak di dalam rumah. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenispenelitian yang penelitilakukanadalahpenelitianlapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi guru PAI kelas VII, kepala sekolah SMP N 6 Pekalongan, siswa kelas VII. Sedangkan sumber data sekundernya adalah jurnal, artikelataupunbuku yang berkaitandenganpenelitian yang dilakukan.Adapunanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisis data model Miles danHuberman. MenurutMiles danHubermananalisis data meliputi: (1) reduksi data, (2) display/penyajian data, dan (3) mengambilkesimpulanlaludiverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan penilaian afektif pada pembelajaran PAI kelas VII di SMP N 6 Pekalongan sudah berjalan. Guru PAI mengembangkan aspek-aspek yang menyangkut PAI yaitu diantaranya ta’at, istiqamah, amanah, bersyukur dan adil. Guru PAI kelas VII menggunakan berbagai macam teknik penilaian PAI guna mendapatkan hasil yang akurat dan maksimal, teknik penilaian afektif yang digunakan di antaranya adalah observasi, jurnal, penilaian diri dan penilaian antar teman. Namun, guru lebih sering menggunakan teknik observasi dan jurnal. Implikasi dari pengembangan penilaian afektif pada pembelajaran PAI kelas VII yang telah dilakukan dapat dilihat dengan jelas, karena menurut penuturan guru PAI, semester kemarin, peserta didik di SMP N 6 menggunakan sistem zonasi, sehingga tidak melalui seleksi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sehingga peserta didik yang masuk beragam, mulai dari sikap hingga pengetahuannya. Dengan guru menerapkan pengembangan penilaian afektif pada pembelajaran PAI pada kelas VII dapat mengubah sikap dan perilaku peserta didik, yang semula masih seenaknya sendiri sekarang sudah mulai sadar akan nilai yang diterima, sehingga mereka berusaha menyesuaikan aspek-aspek yang dinilai oleh guru pada penilaian afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDmuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perangkat Penilaian Afektif dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:15
Last Modified: 01 Jul 2021 04:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item