Peran Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Kamala, Milka Ayu (2019) Peran Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Siswa merupakan salah satu warga sekolah yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh. Tak terkecuali siswa Sekolah Menengah Peratama (SMP). Secara psikologi masih sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar maupun informasi yang didapat melalui pergaulanya maupun di luar mau di sekolah. Walaupun guru bukanlah satu-satunya faktor penentu dalam keberhasilan sebuah pendidikan, tetapi sekolah merupakan titik sentral sebagai cermin sebuah pembelajaran sesuai doktrin yang berkembangsekarang ini. Tenaga kependidikan mempunyai andil yang sangat besar pada kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, peran guru sangat diperlukan dalam pembentukan akhlak siswa, terlebih guru PAI. Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran dan ntuk mengetahui faktor pednukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VII. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII mempunyai peran sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai suri tauladan, sebagai penasehat, dan sebagai fasilitator. Dari beberapa peran tersebut terdapat perubahan yang positif pada akhlak siswanya. Namun demikian, masih tetap harus melakukan evaluasi guna mewujudkan siswa yang berakhlakul karimah seperti yang dikatakan oleh ibu Lia Elfani selaku guru PAI. Adapun faktor pendukungnya adalah bertambahnya jam mata pelajaran PAI (Kurikulum 2013), keteladanan yang diberikan guru kelangsungan hidup di lingkungan sekolah, dari sarana prasarana dan ekstrakulikuler. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Pembentukan Akhlak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:33
Last Modified: 08 Feb 2023 07:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item