Itroh, Akmatul Ifwatil (2020) Analisis faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangkai huruf arab pada mata pelajaran bahasa arab di SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran maharah kitabah mengalami kendala atau permasalahan dalam prakteknya. Masalah yang dihadapi adalah banyak siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam hal menulis (maharah kitabah) bahasa Arab, tulisan yang kurang rapi dan sulit dibaca serta kurangnya motivasi dan minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Kesulitan ini dikarenakan perbedaan latar pendidikan sebelumnya. Kebanyakan siswa SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan merupakan lulusan dari SD, yang tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, apa saja faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui proses pembelajaran maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangakai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui solusi dari kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan langkah permulaan dengan proses pengolahan dilapangan dan langkah lanjut dengan penafsiran data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah problematika pada pembelajaran bahasa Arab terdapat dua kategori yaitu problem lingusitik dan non linguistik. Problem linguistik sendiri adalah siswa kurang mengenali bentuk tulisan huruf Arab, siswa kesulitan dalam merangkai huruf Arab, dan siswa masih kesulitan untuk membedakan huruf berdiri sendiri dengan huruf disambung. Sedangkan untuk
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharah Kitabah dan Pembelajaran Bahasa Arab. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Nurul Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |