Tindak tutur direktif doesen dalam pembelajaran Bahasa Arab pada program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI) di Jurusan PBA IAIN Pekalongan.

Nisa, Mei Khasanatun (2020) Tindak tutur direktif doesen dalam pembelajaran Bahasa Arab pada program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI) di Jurusan PBA IAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI) merupakan salah satu contoh kegiatan pembelajaran bahasa Arab yang memungkinkan penerapan bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Pada saat melakukan komunikasi dalam pembelajaran, dosen menggunakan berbagai macam tindak tutur direktif. Dimana tindak tutur direktif ini merupakan suatu tuturan dalam komunikasi yang memungkinkan mitra tutur melakukan apa yang diinginkan oleh penutur melalui tuturannya. Keberagaman penggunaan tindak tutur direktif dosen itu dapat dilihat dari bentuknya maupun dari strategi bertutur yang digunakannya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti Tindak Tutur Direktif Dosen dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI) di Jurusan PBA IAIN Pekalongan. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis menyusun tujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk tindak tutur direktif dosen dalam pembelajaran bahasa Arab pada PPBAI di jurusan PBA IAIN Pekalongan (2) Mengetahui strategi tindak tutur direktif dosen dalam pembelajaran bahasa Arab pada PPBAI di jurusan PBA IAIN Pekalongan. Secara teoretis, manfaat penelitian ini adalah sebagai sumbangsih akademis bagi civitas akademika, serta sebagai bahan pijakan untuk penelitian selanjutnya. Secara prkatis diharapkan mampu menjadi tolak ukur untuk menggunakan bentuk dan strategi bertutur direktif yang lebih beragam dalam melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa Arab. Peneliti melakukan jenis penelitian lapangan (field research) den pendekatan kualitatif. Sumber data primernya adalah dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan PPBAI di jurusan PBA IAIN Pekalongan. Sumber data sekundernya dari literaturterkait. Penulis mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode padan pragmatik melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bentuk tindak tutur direktif dosen dalam pembelajaran bahasa Arab pada PPBAI sesuai teori Bach dan Harnish meliputi bentuk questions, requirements, requestives, permissives, advisioris dan prohibitives. Kemudian untuk strategi bertutur direktif yang digunakan oleh dosen dalam pembelajaran yang dianalisis menggunakan teori Yule adalah strategi bertutur langsung dan strategi bertutur tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDJaeni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif, Pembelajaran Bahasa Arab Intensif (PPBAI), Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:47
Last Modified: 15 Aug 2022 06:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item