Iklimah, Nur (2019) Peran Guru PAI dalam Membina Mental Keagamaan Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah problematika yang dialami oleh masyarakaat tentang gejala perilaku para remaja, guru pada dasarnya adalah sebagai pendidik. Namun guru tidak hanya berperan sebagai pendidik saja, akan tetapi berperan sebagai pembimbing, pemberi suri tauldan, penasihat dan sebagai motivator. Dalam membina mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto, guru berusaha memberikan memberikan pembelajaran dan nilai-nilai yang sesuai dengan As-sunah dan Al-Qur’an kedalam pembinaan mental keagamaan siswa agar siswa memilikik kepribadian yang baik dalam berperilaku. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru PAI dalam membina mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto. 2). Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto. Tujuan dalam penulisan ini adalah 1). Menganalisis peran guru PAI dalam membina mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto. 2). Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi data (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMPN 1 Wonokerto dalam membina mental keagamaan siswa berperan sebagai, pembimbing, pemberi suri tauladan, penasihat dan sebagai motivator. Kondisi mental keagamaan siswa kelas VIII di SMPN 1 Wonokerto sudah bisa dikatakan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan mereka ketika berada dilingkungan sekolah, seperti mencium tangan guru, berperilaku sopan, jujur, dan mengikuti kegiatan tadarus bersama dan mengikuti sholaat dzuhur bersama walaupun masih ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut. Faktor yang mendukung guru PAI dalam melakukan pembinaan mental terhadap siswa kelas VIII di antaranya adalaah faktor keluarga, program sekolah yang menunjang, lingkungan masyarakat, sedangkan faktor yang menghambatnya adalah faktor keluarga, sekolaah dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Membina mental keagamaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:48 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1792 |
Actions (login required)
View Item |