. Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi Belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan

Muharomah, Elisatun (2019) . Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi Belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seakan tidak pernah berhenti menghasilkan produk-produk teknologi yang tidak terhitung jumlahnya. Salah satu produk teknologi yang setiap waktu digemari dikalangan remaja saat ini adalah game online. Game online adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan sambungan internet melalui jaringan komputer. Game online memiliki pengaruh terhadap dinamika kehidupan manusia terutama remaja, yang kebanyakan dari mereka masih sekolah dan belajar, dalam belajar diketahui ada satu perangakat jiwa yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah motivasi. Guru selalu memberikan motivasi pembelajaran kepada peserta didik. Namun terdapat beberapa siswa yang kurang memiliki motivasi dalam belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana penggunaan game online di SMP N 02 Tirto Pekalongan, (2) bagaimana motivasi belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan, (3) Adakah pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan game online di SMP N 02 Tirto Pekalongan, (2) Untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variable independennya adalah Penggunaan Game Online, variable dependennya adalah Motivasi Belajar siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil analisis pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 02 Tirto Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan game online terhadap motivasi belajar baik pada tingkat signifikasi 5% maupun 1%., sehingga H0 diterima Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kunci: game online dan motivasi belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:00
Last Modified: 15 Aug 2022 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item