Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Salafiyah Pasusukan Kec. Bawang Kab. Batang.

Mawardi, Mawardi (2019) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Salafiyah Pasusukan Kec. Bawang Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar memang patut menjadi perhatian utama. Dengan berbagai macam godaan diluar kepentingan pendidikan, peserta didik begitu mudah mengalami penurunan motivasi belajar. Meskipun berbagai fasilitas dan kemudahan disediakan untuk kepentingan pendidikan, tidak selalu menjadi faktor pendukung bagi pengembangan motivasi siswa.Penurunan motivasi belajar Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Pasusukan terlihat dari penurunan nilai – nilai ulangan, siswa tidak masuk tanpa keterangan, siswa datang terlambat, kurang konsentrasi dan berbicara dengan teman saat kegiatan pembelajaran di kelas, membuat gaduh dikelas dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Salafiyah Pasusukan kec. Bawang kab. Batang? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Salafiyah Pasusukan kec. Bawang kab. Batang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan Upaya guru MI Salafiyah Pasusukan kec. Bawang kab. Batang dalam meningkatkan motivasi belajar siswaa dalam membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, menggunakan variasi metode penyajian yang menarik, memberikan pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa, memberikan penilaian, memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa, serta mengembangkan sikap kompetitif dan kerjasama. Adapun faktor yang menjadi pendukung adalah sarana-prasarana yang memadai, variasi metode guru yang tidak membosankan, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar, memberikan pujian, memberikan penilaian, dan memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. Adapun faktor penghambat adalah siswa kurang memiliki hasrat, keinginan, dorongan, kebutuhan, cita-cita dan penghargaan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: upaya guru, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:06
Last Modified: 15 Aug 2022 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item