Peranan Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 9 Pekalongan

Putri, Jihan Kusuma (2020) Peranan Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 9 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang : 1) Potret Perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII di SMP N 9 Pekalongan, 2) Peranan kompetensi sosial guru PAI di SMP N 9 Pekalongan, 3) Kendala dan solusi guru PAI dalam mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 9 Pekalongan. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu dengan melihat bagaimana peranan kompetensi sosial guru PAI dalam mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII di SMP N 9 Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi guna mengungkapkan sebab dan proses terjadinya peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Potret perilaku agresif verbal yang terjadi pada kelas VIII di SMP N 9 Pekalongan dikelompokkan dalam empat bentuk perilaku agresif verbal diantaranya agresif verbal aktif langsung, agresif verbal pasif langsung, agresif verbal aktif tidak langsung, dan agresif verbal pasif tidak langsung. 2) Peranan kompetensi sosial yang diterapkan oleh guru-guru di SMP N 9 Pekalongan melalui Bersikap inklusif, bertindak objektif dan tidak diskriminatif; Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun; Beradaptasi di tempat bertugas; Berkomunikasi dengan komunitas profesi secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. 3) Kendala guru PAI dalam mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII di SMP N 9 pekalonganya itu kendala eksternal meliputi kurang adanya perhatian dari orang tua, pengaruh tayangan kekerasan verbal, dan pengaruh pergaulan yang salah. Kendala internal berupa pembawaan dari lahir dan rasa stres yang dialami peserta didik. 4) Solusi guru PAI dalam mengurangi perilaku agresif verbal peserta didik kelas VIII di SMP N 9 pekalongan berupa solusi eksternal meliputi bekerjasama dengan orang tua peserta didik dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar sekolah. Solusi internal berupa mengoptimalkan peran guru dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik melalui kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Agresif Verbal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:55
Last Modified: 15 Aug 2022 02:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item