Devi, Etika Silviana (2020) Implementasi Pengelolaan Program Kelas Unggulan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Tahfidz Al-qur'an di SMP Al-Irsyad Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Guru sebagai seorang tenaga pendidik dituntut untuk bisa mengelola kelas dengan baik. Keberhasilan belajar mengajar dapat di lihat dari hasil evaluasi dan prestasi yang diperoleh siswa. Pengelolaan program kelas unggulan merupakan program yang telah diterapkan di SMP Al-Irsyad Pemalang sejak tahun 2014 yang berkembang menjadi kelas unggulan dengan sistem jumlah siswa yang lebih sedikit dan jumlah mapel PAI yang lebih banyak. Keunggulan yang ada di SMP Al-Irsyad Pemalang ini yaitu pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Problema yang kemudian muncul salah satunya kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan berfikir yang tinggi ada juga yang rendah. Hal ini dapat disebabkan dari siswanya itu sendiri atau cara pengeolaan kelas yang belum dilakukan secara maksimal. Fokus dari program ini menciptakan siswa-siswi yang berprestasi dan mampu menghafal Al-Qur’an dan mencintai Al-Qur’an.Dalam hal ini menarik untuk diteliti, khususnya pengelolaan program kelas unggulan pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’andi SMP Al-Irsyad Pemalang yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pengelolaan program kelas unggulan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan program kelas unggulan siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengelolaan program kelas unggulan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan program kelas unggulan siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang.Sedangkan kegunaan penelitian adalah dapat dijadikan bahan masukan untuk melaksanakan pengelolaan program kelas unggulan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’andi SMP Al-Irsyad Pemalang dengan lebih baik dan berkualitas lagi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori piaget. Terdapat tiga macam kegiatan dalam analisis data kuaitatif: Reduksi Data, Model Data (Data Display), Penarikan/Verifikasi kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi pengelolaan program kelas unggulan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang yaitu: pengelolaan kelas unggulan pada pembelajaran tahfidzAl-Qur’an siswa kelas VII menggunakan model pembelajaran dengan sistem setoran hafalan minimal 10 ayat per hari yaitu surat An-Naba- An-Nas selama dua semester dan dilakukan selama 6 jam dalam seminggu dengan 3 kali pertemuan. Terdapat seleksi masuk ke dalam kelas unggulan yaitu Pertama:harus bisa membaca Al-Qur’an, Kedua: kesepakatan dan dukungan orangtua, Ketiga:Prestasi. Sedangkan prestasi yang diperoleh kelas unggulan diihat dari hasil evaluasi dan siswa dapat meraih juara lomba tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an meliputi standar penilaian, evaluasi dan metodeyang dilakukan dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan yang di harapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas Unggulan, Prestasi, Tahfidz Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View Item |