Perilaku bisnis pengusaha batik dalam perspektif etika bisnis islam (Studi Kasus di Krapyak Kidul Pekalongan)

Yanurti, Diah (2020) Perilaku bisnis pengusaha batik dalam perspektif etika bisnis islam (Studi Kasus di Krapyak Kidul Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Ditemukan banyaknya pelaku bisnis yang melakukan penyimpangan-penyimpangan dalam berdagang. Perilaku menyimpang ditemukan di berbagai usaha, terutama dalam salah satu usaha yang menjadi fokus peneliti yakni dalam dunia batik, diantara penyimpangan yang terjadi seperti barang yang dijual terdapat kecacatan yang tersembunyi, serta kurangnya transparasi bentuk spesifik9asi produk yang dijual seperti kualitas yang terkandung pada sebuah produk yang ditawarkan, sehingga seringkali konsumen membeli produk tak sesuai dengan nilai harga yang diharapkan. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana perilaku bisnis pada pengusaha batik di Krapyak Kidul Kota Pekalongan (2) Bagaimana perilaku pengusaha batik menurut perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, penelitian ini merupakan dalam metode kualitatif, penelitian dilakukan dengan teknik penelitian lapangan. Sumber data yang digunakansumber data primer dansumber data sekunder. Dimanasumber data primer diperolehdari pemilik usaha, konsumen dan karyawan. Sedangkansumber data sekunderdiperolehdariberasal dari dokumen-dokumen, catatan-catatan, laporan-laporan serta arsip-arsip yang berkaitan dengan penelitian. Pada teknik pengambilan sampel penelitian ini, teknik yang digunakan yakni teknik cluster sampling. Teknik pengambilan sampel ini digunakan bilamana populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok individu atau cluster. Teknik sampling kelompok individu digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas. Hasil penelitian ini adalah perilaku pengusaha batik nivva collection di Krapyak Kidul Pekalongan, dari keseluruhan prinsip etika bisnis islam sebagian sudah sesuai oleh perilaku pengusaha batik nivva collection. Dalam hal ini dapat dilihat dari perilaku pengusaha yang memberikan kebijakan kepada karyawannya untuk segera melaksanakan ibadah sholat dan memberikan waktu beristirahat, dan pemilik usaha batik nivva ketika mendapatkan pendapatan lebih, sebagian pendapatannya dikeluarkan untuk bersedekah. Selain itu pemilik usaha batik nivva juga memberikan kebijakan dalam bentuk pemberian tambahan gaji ketika pendapatannya melebihi target penjualan perlakuan adil terhadap karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRismawati, Shinta DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Bisnis, dan Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:23
Last Modified: 28 Dec 2021 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item