Strategi pengembangan objek wisata Black Canyon desa Kayupuring kecamatan Petungkriyono kabupaten Pekalongan

Amrullah, Muh. (2020) Strategi pengembangan objek wisata Black Canyon desa Kayupuring kecamatan Petungkriyono kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Peningkatan daya tarik objek wisata tentu tidak lepas dari tanggung jawab disetiap pemangku kepentingan yang ada di objek wisata baik pengelola, pemerintah desa dan pemerintah daerah. Dalam undang-undang Republik Indonesia Nomer 10 Tahun 2009 tentang kepariwisatawan pasal 1 ayat 3 dijelaskan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layann yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah. Sehingga butuh kerja sama antara pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan daya tarik wisata Black Canyon Petungkriyono. Upaya dan strategi yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan maksud untuk mengembangkan objek wisata dan sekaligus memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, baik itu dari segi ekonomi, sosial dan tentunya tidak menutup kemungkinan dengan adanya objek wisata Black Canyon Petungkriyono ini mampu memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa khususnya Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar strategi yang telah dilakukan pengeloa dalam upaya pengembangan objek wisata untuk membantu meningkatkan pendapatan asli desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan sumber data untuk memperoleh informasi diantarantanya pemerintah desa dan pengelola objek wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperoleh hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya dapat dilakukan dengan triangulasi. Strategipengembangan objek wisata antara lain adalah melalui berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut berkaitan dengan transportasi, atraksi, fasilitas pelayanan, promosi, dan sumber daya manusia.Objek wisata dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata tentu memberikan dampak yang positif terutama dengan adanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dengan ikut berpartisipasi baik berjualan maupun ikut mengelola wisata sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Strategi yang dilakukan oleh pengelola objek wisata black canyon tentu tidak lepas dari peran pemerintah baik pemerintah desa maupun pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFakhrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, StrategiPengembanganPariwisata
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:23
Last Modified: 28 Dec 2021 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item