Etika komunikasi cutomer service dalam memberikan pelayanan terhadap anggota di Kopsim NU Batang

Sujadi, Bagas Arji (2019) Etika komunikasi cutomer service dalam memberikan pelayanan terhadap anggota di Kopsim NU Batang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Dalam prosedural berjalannya lembaga keuangan tentunya hal yang tidak dapat dilepaskan adalah sebuah pelayanan, pelayanan dalam lembaga keungan menjadi salah satu hal penting dalam meningkatkan mutu, kualitas, dan kepercayaan nasabah/ anggota.Karna kemajuan lembaga keuangan dapat diukur melalui tingkat pelayanan etika berkomunikasi salah satunya pada customer service. Seorang cutomer service harus bisa membuat anggota menjadi nyaman dengan cara dia berkomunikasi dalam memberikan informasi kepada anggotanya, dan seorang customer service juga harus mempunyai etika dalam berpenampilan dan berbicara,dan bertingkah laku. KOPSIM NU merupakan salah satu lembaga keuangan yang selalu mengutamakan nilai-nilai etika dalam setiap pelayanannya terhadap loyalty nasabah, etika merupakam hal yang sangat penting yang harus ditanamkan dalam setiap pelayanan bahkan di kehidupan sehari-hari etika juga harus selalu diterapkan, karna pelangan yang loyal adalah inti dari setiap bisnis. Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan etika komunikasi customer service (CS)dalam memberikan pelayanan anggota di KOPSIM NU Batang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu dengan menggabungkan data lapangan dengan teori. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan mendeskripsikan pelaksanaan etika komunikasi pada bagian customer service di Kopsim NU Batang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan etika komunikasi customer service di Kopsim NU Batang sudah baik, sudah menerapkan etika dalam islam, dan menunjukan bahwa sikap dan tindakan tidak dibuat-buat. Seperti berpakaian rapi, bersih, slalu mengucapkan salam ketika bertemu dan berpisah dengan anggota, termasuk ucapan terima kasih, berperilaku dengan sopan santun, dan sudah sesuai dengan apa yang menjadi prosedur pelayanan di Kopsim NU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi Customer Service,Kospim NU Batang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 04 May 2020 03:31
Last Modified: 13 Jan 2021 09:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item