Nisa', Wafidatun (2018) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sebagai sarana pengembangan moral siswa di SMP Negeri 6 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi adanya perkembangan zaman dan gaya hidup yang semakin maju yang kemudian berdampak kepada perkembangan moral, terutama dikalangan anak muda khususnya pelajar. Banyak peristiwa kriminal dan perbuatan-perbuatan tidak terpuji marak dilakukan oleh seorang pelajar. Oleh karena itu peran serta orang tua dan sekolah sangat dibutuhkan dalam hal ini. Adapun salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut dengan mengadakan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran di sekolah, yaitu melalui kegiatan esktrakurikuler kegamaan. Berdasarkan gambaran latar belakang di atas, dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1).Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 6 Pekalongan?(2) Bagaimana pengembangan moral siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 6 Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 6 Pekalongan? (2) Untuk menganalisis pengembangan moral siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 6 Pekalongan?Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan metode induktif tahapannya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 6 meliputi terbagi menjadi dua bagian, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diSMP N 6 Pekalongan meliputi enam tahapan, yaitu :perumusan tujuan, penentuan jenis-jenis ekstrakurikuler yang ditawarkan, penentuan pembina dan pelatih ekstrakurikuler keagamaan, penentuan jadwal kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, perencanaan keuangan, perencanaan pengadaan sarana dan prasarana. Sedangkan pelaksanaan ekstrakurikuler terbagi menjadi dua tahapan, yaitu : tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Adapun kegiatan ekstrakurikuler kegamaan sangat berperan aktif terhadap kondisi moral siswa di SMPN 6 Pekalongan. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan lebih cenderung berperilaku sesuai dengan norma dan nilai-nilai agama. Mereka sudah menerapkan hubungan moral terhadap Allah, terhadap sesama dan terhadap lingkungan. Diantaranya perilaku moral yang ada yaitu, mereka senantiasa melaksanakan sholat berjamaah, bertutur kata sopan santun terhadap guru, jujur dalam perbuatan, menjaga kerukunan terhadap sesama teman dan menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga pengembangan moral melalui ekstrakurikuler keagamaan sangat membantu siswa agar menjadi manusia yang lebih baik dan senantiasa menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Keagamaan, Moral | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2020 04:49 | ||||||||
Last Modified: | 22 Apr 2020 05:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/20 |
Actions (login required)
View Item |