Penerapan strategi promosi produk simpanan haji dan umroh (saharoh) di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Maghfiroh, Anggi (2019) Penerapan strategi promosi produk simpanan haji dan umroh (saharoh) di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Baba I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Promosi merupakan kegiatan yang termasuk penting, dalam kegiatan ini setiap lembaga keuangan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Secara garis besar keempat macam sarana promosi yang dapat digunakan adalah periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, metode pengambilan data, wawancara, dan dokumentasi, serta dengan membaca ke perpustakaan, internet, dan media. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Pekalongan pada produk SAHAROH dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah: periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publikasi. Dari beberapa cara promosi tersebut pihak BMT An-Najah akhirnya cukup sukses dalam meningkatkan jumlah nasabah, terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah SAHAROH yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Strategi promosi yang di gunakan BMT An-Najah diantaranya: periklanan di BMT An-Najah dilakukan dengan menggunakan media cetak, dimana media cetak yang digunakan seperti brosur dan pamflet. Personal selling dilakukan dengan cara memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan secara tatap muka dan memberikan informasi tentang produk SAHAROH. Publikasi yang dilakukan adalah mengikuti pameran. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu dengan memberikan bonus berupa perlengkapan haji. Dari keempat cara promosi tersebut dapat disimpulkan bahwa antara promosi yang satu dengan yang lainnya saling mendukung. Dalam melakukan strategi promosi, BMT An-Najah tidak luput dari hambatan-hambatan yang dihadapi, tetapi ada juga faktor yang mendukungnya, baik dari sarana promosi periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Personal selling, Promosi Penjualan, Publisitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 29 Apr 2020 05:15
Last Modified: 29 Apr 2020 05:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item