Implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang

Syahidah Farah Rahmi, Hafni (2018) Implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran dengan kurikulum 2013 merupakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran dengan kurikulum 2013 lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang? Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang, untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Kegunaan penelitian secara praktis untukmemberikaninformasikepadapembaca tentangpentingnyaimplementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang. Jenispenelitianiniadalahstudilapangan (field research). Sedangkanpendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang berjalan dengan lancar, hal ini dapat dilihat dari guru bentuk pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yakni telah menjabarkan lima langkah kegiatan pembelajaran meliputi: kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Kedua, Faktor yang menghambat implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang, antara lain: faktor internal yakni pemahaman atau kecerdasan siswa yang berbeda-beda dan faktor eksternal yakni minimnya contoh perangkat pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 dan kurangnya pelatihan dari pemerintah tentang implementasi kurikulum 2013 bagi guru. Sedangkan faktor yang mendukung, antara lain: faktor internal yakni semangat dan kemauan guru untuk menerapkan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran yang diampu dan faktor ekternal yakni adanya dukungan dari kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013, adanya sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:18
Last Modified: 28 Dec 2021 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item