Pengaruh faktor sosial, kebudayaan dan psikologis terhadap keputusan pembelian makanan tradisional (Studi kasus pasar Minggon Jati, di kecamatan Batang kota Batang)

Widosari, Ragil (2020) Pengaruh faktor sosial, kebudayaan dan psikologis terhadap keputusan pembelian makanan tradisional (Studi kasus pasar Minggon Jati, di kecamatan Batang kota Batang). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perilaku pembelian seseorang merupakan hasil interasksi dari semua faktor kultur, sosial, dan psikologis yang kompleks. Keadaan alamiah yang menyebabkan faktor tersebut bermanfaat untuk mengidentifikasi dan memahami konsumen tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan pengaruh faktor sosial, kebudayaan dan psikologis terhadap keputusan pembelian makanan tradisional di Pasar Minggon Jati Kecamatan Batang Kota Batang. Jenis Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner sebanyak 100 orang dengan teknik sampel accidental sampling. Metode analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sosial (X1) berpengaruh positif dengan thitung lebih besar dari ttabel 3,599 > 1,984. Variabel kebudayaan (X2) berpengaruh positif dengan thitung lebih besar dari ttabel 2,196 > 1,984. Sedangkan variabel psikologis (X3) juga berpengaruh positif dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel 2,664 > 1,984. Pada uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel sosial, kebudayaan dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan tradisional dengan nilai fhitung 17,801 > ftabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai Koefisien determinasi R² sebesar 0,337. Hal ini dapat dijelaskan, bahwa sekitar 33,7% keputusan pembelian makanan tradisional dijelaskan oleh variabel faktor sosial (X1), kebudayaan (X2) dan psikologis (X3) sedangkan sisanya 66,3 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa'shum, AM. M.HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Faktor Sosial, Kebudayaan, Psikologis dan Keputusan Pembelian.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:28
Last Modified: 26 Jul 2021 02:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item