Ruminah, Siti (2018) Peranan Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IV-VI SDN Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Guru adalah salah satu referensi yang paling dominan bagi media belajar para siswa dibandingkan dengan beberapa sumber belajar lainnya. Dalam skripsi ini peranan seorang guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah sebagai pengajar, pembimbing, pemimpin, fasilitator, motivator dan evaluator bagi para siswanya, karena itu seorang guru menjadi ujung tombak bagi keberhasilan belajar siswa disekolah. Tugas dan tanggung jawab seorang guru pendidikan agama Islam tidak hanya hadir untuk menyampaikan materi pelajaran didepan kelas, tetapi juga dapat mengetahui apa saja kendala yang dialami siswa sehingga siswa menemui kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, dengan adanya peran guru tersebut diharapkan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan siswa. Begitu banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar agama khususnya dalam belajar membaca Al-Qur’an, namun kesulitan ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab yang menjadikan siswa mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an. Hal ini membuat penulis untuk melahirkan suatu rumusan masalah yaitu, bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa, apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat siswa mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang konrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan di SDN Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : peranan guru pendidikan agama Islam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an sangat penting bagi siswa yang menemui kesulitan membaca Al-Qur’an, karena dengan adanya peranan guru seperti pengajar, pembimbing, pemimpin, fasilitator, motivator, dan evaluator dapat merangsang siswa agar dapat membaca Al-Qur’an lebih baik, sedangkan kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an disebabkan oleh faktor intern atau dari dalam diri siswa sendiri dan ekstern. Faktor intern meliputi, kurangnya semangat siswa untuk mengulang kembali pelajaran Al-Qur’an dirumah, sedangkan faktor ekstern meliputi, kurangnya motivasi dan perhatian dari kedua orang tua, kurang mendapatkan pendidikan agama sebelumnya baik formal maupun non formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peranan guru pendidikan agama Islam, Kesulitan membaca al-Qur’an. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2128 |
Actions (login required)
View Item |